Wednesday, August 20, 2008

Ngantri 1 Jam di Kantor Telkom

PT. Telkom Indonesia adalah salah satu perusahaan yang Besar dalam bidang telekomunikasi di Indonesia. Begitu besarnya perusahaan ini, sampai-sampai hampir disetiap sudut-sudut kota maupun kecamatan telah tersedia jenis usaha ini, demikian juga dengan kantor-kantor untuk tempat pembayaran segala jenis produk mereka, Customer Service dan lain lain dapat kita liat dengan mudah. Produk Mereka pun sangat lah berjubel untuk mengattrack (menarik perhatian) masyarakat untuk menggunakan produk Mereka.

Saya adalah salah satu dari kostumer Pt. Telkom yang setia, tidak tanggung-tanggung saya mengambil dua produk telkom sekaligus, yaitu Telp Rumah dan juga Speedy Unlimited yang biaya per bulannya reasonable demikianlah teman saya Gray dari Singapur mengatakan untuk suatu harga yang cukup masuk akal (dapat dijangkau). Biasanya ketika waktu pembayaran, saya selalu membayar di awal bulan, katakalanlah mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 5. Nah pada bulan ini (Bulan Agustus) dikarenakan kesibukan yang luar biasa (saya orangnya sok sibuk sih) hihihihihi maka saya baru bisa membayar tagihan Telp Rumah dan Speedy pada tanggal 19 Agustus kemarin.

Saya begitu terkejut ketika sampai di loket pembayaran Telkom. Begitu tiba saya langsung menekan Nomor Antri di Mesin Nomor antri yang telah disediakan oleh Pihak Telkom Batam yang berada di Pelita. Setelah mendapatkan nomor antri, saya melihat kesekeliling untuk mencari tempat duduk, namun saya sama sekali tidak melihat satu tempat dudukpun yang kosong, alias semuanya penuh dengan mahluk-mahluk Tuhan yang paling sexy, dan ada juga beberapa orang yang tampan-tampan, demikian sebutan umum untuk kaum pria. Karena tidak mendapatkan tempat duduk, saya pun melihat ke Nomor Antrian yang sedang berjalan, Saya tersentak kaget, Kemudian saya melihat lagi ke Nomor antrian saya, Jarak antara nomor antri yang sedang berjalan dengan nomor antrian saya sekitar 80 Nomor. Kemudian saya memperhatikan Counter Pembayaran, dan melihat hanya ada 3 orang petugas yang melayanin pembayaran Konsumen. Saya sempat bertanya-tanya dalam hati, kenapa Perusahaan yang begitu besar hanya menempatkan tiga orang Cashier dibagian pembayaran, kenapa tidak 5 atau 6 orang melihat banyaknya konsumen yang setiap hari melakukan pembayaran.

Dikarenakan saya tidak mendapatkan tempat duduk, maka saya masuk ke ruang Complain atau Pengaduan Konsumen, nah di ruang ini saya melihat banyak kursi yang disediakan masih kosong, jadi saya menunggu di ruangan tersebut. Setelah kira kira 20 menit berjalan, saya masuk lagi ke ruangan pembayaran, dan sukurlah saya melihat ada 1 kursi kosong, lalu saya duduk disana. Sambil menunggu nomor antri saya, saya melihat keluar (dikarenakan pintu kaca yang tembus pandang), wowwww saya heran, kenapa banyak yang berdiri diluar, kira kira mereka ngapain di luar, selidik punya selidik, ternyata mereka juga adalah konsumen yang ingin membayar tagihan bulanan mereka ke Telkom. Saya kemudian berfikir, kenapa telkom memberikan ruangan yang begitu kecil untuk tempat pembayaran, sehingga ruangan tersebut tidak cukup untuk menampung para konsumen mereka yang ingin membayar tagihan bulanan mereka. Jadi selama saya berada di Kantor Telkom tersebut dan sambil menunggu antrian saya, saya terus berfikir dan berfikir tentang Kantor Telkom ini hihihihihi. Dan setelah 1 jam menunggu disana, akhirnya tiba juga giliran saya, saya pun maju ke Counter dan membayar billing Telp Rumah dan Speedy saya.

Untuk Pihak PT. Telkom, kalau lah saya boleh memberikan sedikit masukan, kiranya Kasir untuk loket pembayaran bisa ditambah menjadi 5 atau 6 kasir supaya prosesnya bisa lebih cepat, dan menghindari antrian yang berjubel. Dan apabila juga memungkinkan, kiranya ditambah lagi kursi-kursi diruangan pembayaran, supaya tidak terlihat lagi konsumen yang berdiri di luar ruangan hanya karena tidak mendapatkan kursi di dalam ruangan. Kiranya Pt. Telkom Pelita Batam bisa menciptakan suasana yang menyenangkan di ruangan mereka, sama seperti produk-produk mereka yang selama ini telah menyenangkan pelanggan, terutama Layanan Speedy yang begitu bagus dan banyak membantu masyarakat Indonesia umumnya dan batam khususnya. Ngantri Sih sah sah saja, tetapi kalau sudah ngantri sampai 1 jam, bisa bisa nantinya tidak pulang ke rumah melainkan ke rumah sakit karena kelelahan menunggu giliran :P

3 comments:

Liza said...

hi,
salam kenal pak, member bbc ne.

speedy unlimited sebulan kena berapa?? udah lama pingin pake dan banyak yang nawarin tapi masih ragu. biar dapet pencerahan dari bapak nih

btw...mampir ke blog saya, bapak mah masih mending 1 jam, saya dong...heehe...lanjut ke blog saya ya

liza

imans said...

Pengalaman jadi guru yang berharga...hehehe...Jadi kalo gak mo antri 1 jam lebih, yach saya kira, sebisanya hindari pembayaran saat memasuki tgl 18 hingga 20-an karena tanggal segituan emang jadi 'budaya' ngantri bayar telepon.

Ssi info, yang mengelola tempat pembayaran tsb adalah Kopegtel Batam bukan Telkom. Btw, karena berada dalam 1 gedung toh orang awam menganggap sih, semuanya Telkom.

Lagian kalo kita malas antri, kita tunggu aja sore atau malam hari karena loket yang diTelkom Pelita buka sampai jam 20.00 Wib.

Tempat pembayaran tidak hanya 1 tempat di Plasa Telkom saja, sudah banyak Bank dan loket2 Kopegtel (di Tiban, Bengkong dan Batu aji)telah bekerja sama untuk menerima pembayaran tagihan telepon. Jadi, kita tinggal pilih saja.

Salam kenal

bizonet said...

Salam kenal ya pak...
waduh pak... sampai 1 jam yah... makanya itu saya bayarnya sebelum tgl 19 aja atau bayarnya lewat ATM langsung... wuenak...

kemarin saya ngecek dah bisa belum ya bayar pake internet banking... biar tambah leluasa... :D

BTW u b Liza... blognya yang mana ? kalo mau speedy saya kenal orang telkom nih... lanjutnya ke blog saya ajah ya...