Wednesday, October 3, 2012

Ribuan Buruh Batam Tumpah Ruah ke Jalan Hari Ini, Rabu 3 Oktober 2012

Ribuan buruh ataupun pekerja batam tumpah ruah ke jalan pada hari ini, Rabu 3 Oktober 2012. Mulai jam 6 pagi ratusan buruh sudah memblokir beberapa jalan utama di kota batam ini. Salah satunya adalah daerah Muka Kuning dan Panbil. Ratusan buruh berkumpul di depan pintu masuk kawasan industri Muka Kuning sehingga menyebabkan para pekerja yang ingin masuk untuk bekerja ke dalam kawasan harus bergabung dengan mereka. Bukan hanya di Muka Kuning saja, Depan Panbil Mall juga penuh sesak dengan kerumunan para Buruh Batam yang pada hari ini melakukan aksi demonstrasi untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada pihak pemerintah khususnya kepada Walikota Batam.

Begitu juga yang terjadi di daerah Tiban, puluhan mobil pengguna jalan harus menepikan kendaraan mereka ketika konvoi ratusan sepeda motor yang ditunggangi parah buruh menuju ke Kantor Walikota Batam Center melintasi daerah tiban. Para pengendara mobil harus bersabar sebab konvoi tersebut sangatlah panjang sehingga mereha harus meluangkan waktu mereka agak lama di tepi jalan sambil memperhatikan konvoi para buruh tersebut.

Lain lagi di daerah Simpang Franky Batam Center, Ratusan buruh berkumpul ditengah simpang untuk mengajak para buruh lainnya yang melintas agar bergabung bersama-sama dengan mereka dalam menyampaikan aspirasi para buruh. Akan tetapi setelah lewat jam 12 siang, mereka pun bubar sendiri dan simpang Franky kembali terbuka dan bisa dilewati oleh pengguna jalan lainnya.

Kejadian serupa terjadi di Simpang PJB Fanindo Batu Aji, dimana ratusan buruh memarkirkan motor mereka disepanjang jalan sehingga pengguna jalan lainnya tidak bisa melewati daerah tersebut dan harus mutar haluan kembali. Mereka juga mengajak seluruh pekerja yang hendak melewati daerah itu untuk bergabung dengan mereka supaya bersama sama berangkat menuju Kantor Walikota Batam untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Akhirnya seluruh buruh ataupun pekerja se kota batam tumpah ruah di Kantor Walikota pada jam 11 siang. Mereka pun berbaris rapi dan meneriakkan "Hidup Buruh" disepanjang Demo. Beberapa perwakilan mereka pun berganti ganti berorasi menyuarakan aspirasi mereka. Terlihat ratusan Polisi serta Anggota Tni berjaga-jaga disekitar lokasi demonstrasi. Dan dari apa yang saya lihat, semuanya berjalan dengan sangat baik dan tidak ada satu tindak kekerasan terlihat disepanjang demo tersebut.

Dan sekitar pukul 1 siang, terlihat massa buruh mulai membubarkan diri dari kerumunan dan berpencar menjadi beberapa bagian dan ternyata mereka beristirahat untuk makan siang. Kawat duri sepanjang lebih dari 15 meter pun terlihat terpasang dengan rapi di depan kawasan kantor Walikota Batam. Hal ini dibuat oleh Pihak kepolisian untuk mengantisipasi keadaan agar para pengunjuk rasa tidak dapat meringsek ke dalam halaman kantor walikota Batam.

Semoga saja demonstrasi yang dilakukan hari ini benar-benar dapat membuahkan hasil yang tentunya dapat menyenangkan semua pihak. Dan semoga saja pihak pemerintah yang dalam hal ini adalah Walikota Batam dapat memberikan solusi terbaik atas aspirasi yang sudah dilontarkan oleh para perwakilan buruh se kota batam, supaya kedepannya tidak ada lagi demonstrasi susulan yang dilakukan oleh para buruh di Kota batam tercinta ini. Hiduppppp Buruhhhhhhhh.

Dokumentasi pada saat acara demonstrasi 









0 comments: