Saturday, July 14, 2012

15 CCTV di Pasang Di Jalanan Batam dan Tanjung Pinang Untuk Memantau Pelanggaran Lalin dan Kejahatan

Warga Batam dan Tanjung Pinang patut berbangga dan bergembira, pasalnya telah di pasang 15 Closed Circuit Television (CCTV) di daerah Simpang Jalanan di Batam dan Tanjung Pinang. Adapun fungsi CCTV ini adalah untuk memantau pelanggaran, kemacetan lalu lintas, serta kejahatan jalanan.

Menurut Informasi yang saya baca di koran harian Batam Pos, terdapat lima persimpangan strategis yang dipasang CCTV, Kelima Simpang tersebut adalah : Simpang Mesjid Agung Batam Center, Simpang Empat Bandara Hang Nadim, Simpang Empat Sei Harapan, Simpang Empat Gelael dan Simpang Empat Baloi.

Adapun Kegunaan CCTV yang terpasang di Simpang empat Masjid Agung Batam Center adalah karena daerah tersebut merupakan daerah Pusat Pemerintahan dan juga wilayah yang sering digunakan untuk aksi demonstrasi, sehingga CCTV yang dipasang di daerah ini menggunakan kualitas yang sangat bagus hingga bisa diperbesar sampai 27 kali lipat. Sementara CCTV yang dipasang di Simpang Bandara Hang Nadim dan Simpang Sei Harapan untuk memantau sarana transportasi laut dan udara. Dan CCTV yang terpasang di Simpang Empat Gelael dan Baloi adalah karena kedua tempat tersebut merupakan tempat yang padat arus lalu lintas dan sangat sering terjadi kecelakaan.

Selain Batam, Kota Tanjung Pinang juga ikut dipasangi CCTV, yaitu di Simpang Empat Pamedan serta Simpang Empat Batu 8 Kota Piring. Tanjung Balai karimun tak mau ketinggalan juga, disini ada dipasang dua titik persimpangan yaitu Simpang Seidelapan dan Simpang Ahmad Yani.

Seluruh CCTV yang dipasang tersebut mampun merekam dan menyimpan data sampai satu bulan, karena Regional Traffic Management Centre (RTMC) Polda Kepri memiliki gudang data dengan kapasitas satu tera. Dan pemasangan CCTV ini adalah untuk mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan di Kepulauan Riau ini.

Dengan terpasangnya CCTV ini diharapkan kepada seluruh warga Kepri khususnya warga Batam untuk bisa lebih taat mengikuti peraturan berlalulintas di jalan raya, baik pengguna mobil, motor maupun sepeda supaya lebih berhati hati lagi ketika mengendarai kendaraannya. Dan saya juga sangat yakin dengan adanya CCTV ini maka Penjahat, Pencopet, Penjambret bahkan Kriminal lainnya juga akan berfikir dua kali untuk melakukan tindakan kejahatan di daerah yang telah dipasangan CCTV tersebut. Besar harapan seluruh warga Batam agar kiranya CCTV lainnya juga segera dipasang di seluruh persimpangan bahkan di jalan jalan yang dianggap rawan di seluruh kota Batam ini. Agar setiap pelanggaran atau tindak kejahatan dapat terpantau dan terekam dengan baik. Agar apabila terjadi kecelakaan, Polisi bisa langsung melihat dan langsung turun ke lokasi untuk menolong korban. Dan apabila terjadi penjambretan di jalan raya, polisi bisa segera mengetahui Wajah pelakunya, nomor polisi motor yang dikendarainya dan segera bisa mengungkap kasus tersebut dengan cepat dan benar.

Akhir kata Salut untuk Ditlantas Polda Kepri yang telah mempelopori Pembangunan RTMC guna meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam rangka menuju pelayanan yang prima. Bravo Ditlantas Polda Kepri, Maju Terus dan Sukses Selalu.

Sumber : Koran Harian Batam Pos Edisi Jumat 13 Juli 2012, Halaman Metropolis. (Ingat, Jangan Lupa Baca Harian Batam Pos untuk berita yang terbaru)

0 comments: